5/21/2009

Krisis dan perubahan di Amerika Latin

Krisis dan perubahan di Amerika Latin

oleh : BRUNO NIKY PURNAMA

Amerika latin adalah suatu kawasan yang banyak memiliki persamaan bentang alam bahkan persamaan sejarah juga mewarnai daerah ini .perkembangan globalisasi pada abad ini juga memberikan tuntutan terhadap suatu perbaikan yang dapat dirasakan oleh berbagai pihak khususnya dikawasan Amerika Latin betapapun sulitnya suatu perubahan harus terjadi walaupun di awali dengan penderitaan agar suatu keberhasilan dapat terasa manis .
Kawasan Amerika Latin memulai perkembangan yang cenderung bergolak di setiap negara-negara .pada awal Tahun 2000an banyak pemimpin-pemimpin baru muncul di Amerika Latin mereka membawa suatu pandangan yang positif terhadap arah perkembangan negara-negara mereka.baik segi politik ,ekonomi ,maupun sosial masyarakat .
Tetapi dari kesemuanya itu tampaknya ada suatu hal yang sama yang ingin di terapkan dalam pemerintahan mereka yaitu sosialisme! seperti nya mereka ingin menantang Amerika sebagai negara adikuasa, proyek Neoliberalisme yang di canangkan oleh Amerika Serikat mereka lawan dengan produk sosialisme yang fresh .Sosialisme yang lebih ketengah tidak radikal dan cenderung lebih konvensional .hal ini juga didasari oleh kemenangan partai-partai sayap kiri yang mulai mendapatkan respon positif dari rakyat .seperti kemenangan Evo Morales sebagai Presiden Bolivia dengan latar bekangnya sebagai petani koka memiliki suatu pemikiran dengan disebut (MAS) Gerakan Menuju Sosialisme, Chile kemenangan Partai Sosialis dalam koalisi kiri tengah La Concertacion
Presiden Michelle Bachelet ,Venezuela Hugo Chavez seorang pensiunan kolonel yang MiliterProgresif Brasil Luiz inazio Lula da Silva dari Partido Trabahaldores (Partai Buruh .Uruguay Tabare Vasquez dari Frente Amplio (Broad Front ) ,Ekuador Alfredo Palacio sebelumnya adalah Wapres Kolonel Lucio Gutierrez ,Nestor Kirncher dari partai peronis dengan platform kiri tengah .
Tetapi dari itu semua hanya Fidel Castro yang masih menggunakan Sosialisme yang berbeda dan sedang musim di Amerika Latin dia tetap berdiri menjadi seorang diktator yang proletar serta tetap mengunakan partai tunggal mayoritas ,no election !,dan menjadi penguasa seumur hidup
Konsensus washington adalah hal yang ingin dilawan oleh para pemimpin Amerika Latin saat ini karena Amerika Serikat mereka anggap tidak memberikan mereka suatu jawaban atas masalah yang timbul .Konsensus Washington sendiri justru tidak menjadi jawaban yang pasti terhadap semua masalah yang timbul di Amerika latin.jadi melawan Konsensus itulah yang menjadikan alasan utama pergolakan menuju arah sosislisme di sana
Berikut isi konsensus Washington
:
1. mengurangi pengeluaran publik seperti anggaran milter dan admistrasi publik seperti subsidi atau kebijakan yang bertujuan untuk membantu rakyat secara cuma-Cuma.
2. liberalisasi keuangan yang ditentukan pasar (praktis hal ini malah akan menimbulkan inflasi )
3. liberalisasi perdagangan ,disertai penhapusan izin impor dan pengurangan tarif (hal ini justru membut produk dalam negeri kalah dengan barang impor karena harga lebih murah dan dapat dipastikan kualitas barang lebih baik ,berarti mematikan perusahaan lokal 0
4. Mendorong investasi langsung asing .
5. Privatisasi BUMN .
6. Deregulasi ekonomi.
7. Nilai tukar yang kompetitif untuk pertumbuhan berbasis ekspor .
8. Menjamin disiplin fiskal dan mengendalikan defisit anggaran
9. Reformasi pajak
10. Perlindungan hak cipta smua tercermin didalam agenda WTO
Tetapi dengan sendirinya malah banyak negara Amerika Latin terjebak atas kebijakan –kebijakan yang dilakukan pemimpinnya .seperti 1)chile malah menjadi negara yang softneoliberalisme karena terjebak perangkap neoliberal ,Rezim kanan El Salvador malah menandatanganiu pe4rdagan bebas dengan Amerika Serikat yang berarti tidak menganggap FMLN , 2)Populisme peronis malah lebih kuat mewaranai Chavez . 3)sosialisme warna –warni karena banyaknyak perspektif teoritis ,ekletik,dan program yang berjangka pendek 4)Jebakan korupsi mewarnai pemerintahan 5)Kepemimpinan gerilya menghambat kepemimpinan demokratis .
Bagaimanapun Amerika Latin terus mencari jawaban atas berkembangnya suatu masalah guna mendapatkan jawaban yang mampu menjawab permasalahan regional mereka dari berbagai sisi baik Ekonomi ,Politik ,Sosial ,dan Budaya .agar nantinya terciptakan suatu sistem yang berfondasikan kepentingan rakyat serta bersama .
Tugas No 3…………………………………………………………………………..
Argentina
Argentina
merupakan negeri dimana memiliki sumber daya alam yang melimpah, hal ini terucap dari kata Argentum asal muasal nama
Argentina
yang berarti Perak atau “Negeri Perak” . Tidak dapat dipungkiri bahwa
Argentina
merupakan negara besar dikawasan Amerika Latin, selain
Brazil
,
Mexico
, chile dan lain-lainluas daerah yang membentang dari utara ke selatan
Dari segi geografis
Argentina
memiliki titik tertinggi yaitu Gunung Acon Cagua (6.960 m), dan titik terendah 40 m dibawah paras laut.
Argentina
dilewati oleh pegunungan
Andes
yang memanjang dari utara sampai selatan. Patagonia adalah salah satu dari daerah Argentina yang terdapat di bagian selatan, negara ini berasal dari kata Patagones (Kaki Besar) dalam bahasa Spanyol, terdapat pula danau Nahuel Huapi yang indah luas daerah Patagonia lebih dari 777.000 km2. Ditepian danau Nahuel Huapi terdapat tempat peristirahatan yang indah dan populer yaitu San Carlos de Boriloche.
Buenos Aires adalah ibu kota dari Argentina. Penyair abad ke-20 Ezeguiel Marinez Estrada menyebut kota ini sebagai “Kepala Goliath“ dari negeri yang besar, dan hal tersebut sesuai dengan banyaknya penduduk Argentina yang hampir sebagian besarnya bermukim di kota tersebut
Kota ini terletak di muara sungai Rio de Plata Agung yang berjarak 240 km dari kota, kota ini juga menonjolkan sejumlah kawasan besar yang penting seperti tempat Pemerintahan Federal dan bangunan Kementerian dan perkantoran dari casa Rosada (gedung Merah Jambu) dengan biro-biro pemerintahannya. Sampai gedung Cabildo atau balai kota yang pada tanggal 25 Mei 1810 menjadi tempat Raja Muda diambil sumpahnya dan dimuliakan pemerintahan daerah. Museum seni atau arkeolog, panggung teater “Teatro Colon” yang banyak dikunjungi turis.
Dari satu kawasan ke kawasan lain argentina memberikan aspek yang berlainan .daerah yang tertata kebanyakan di duduki oleh tempat kedutaan asing berbagai corak dan gaya arsitektur turut mempengaruhi berbagai bangunan bahkan penataan jalan mengikuti gaya tatanan jalan di daerah Paris Prancis .villlas miserias merupakan pemandangan yang sangat mencolok yaitu sebuah daerah kumuh yang tertindas yang ditempati oleh para kaum miskin di daerah pinggiran Buenos Aires ,Avenida Santa Ve dimana terdapat toko-toko yang elok dan indah disertai gallerias yaitu jalanberatapdengan pinggiran toko-toko ,daerah pelabuhan yang ramai yang biasa di sebut dengan La Boca (mulut) dan rumah-rumah bercat merah menjadi pembanding desa-desa Greenwich di kota New York distrik tua San telmo merupakan peninggalan kolonial yang kontras dengan daerah-daerah modern Portenos yang berbangga dengan Avenida 9 de Julio jalan raya yang sangat luas dan dapat dilintasi oleh 12 mobil berpapasan langsung dan menjadi satu-satunya jalan raya terluas di dunia .
Sebetulnya
Argentina
merupakan negara yang tidak stabil kondisi politiknya, baik ketika baru merdekan hingga pada awal abad 20 banyak rezim menguasai negara ini silih berganti militer dan sipil terus berselingan untuk menguasai negara ini. Besarnya rezim yang mampu memperbaiki krisis ekonomi bertahan lama meskipun akhirnya akan jatuh jika kembali gagal dalam melaksanakan perekonomian.
Jose San Martin seorang argentina yang berperang untuk Spanyol dalam perang melawan penguasa Prancis Napoleon Bonaparte diam-diam menyiapkan serta melatih pasukan di daerah propinsi Mendoza dia memiliki pemikiran bahwa orang –orang Spanyol haruslah di usir keluar dari wilayahnya (Argentina) dan ketika pada awal 1817 San martin dengan kurang lebih 5000 orang pasukannya berngkat untuk menyerang Spanyol dibantu oleh pasukan patriot Bangsa Chile yang di pimpin oleh Bernardo O’Higgins berhasil mengalahkan dan mengusir Spanyol di daerah Chacabuco dan Maipu dia kemudian membagi daerah sebelah utara yang sekarang Peru dengan Simon Bolivar
Pada abad 20 tepatnya 1940an Pemerintah melakukan serangkaian pemindahan kekuasaan yang dilakukan oleh Dewan Militer dan seorang Perwira yaitu Juan Dominggo Peron seorang yang berasal dari golongan perwira militer tetapi bersahabat dengan kaum buruh . Peron memegang berbagai peran dan kekuasaan Pemilu manjadikannya seorang Presiden selama 9 tahun Peron tetap berkuasa dan selama masa jabatannya ia menyesuaikan diri dikalangan kaum buruh kelebihannya adalah dapat menyatukan milter ,kaum buruh serta pendeta tetapi hal ini berdampak perekonomian negara dan opossi yang ingin menjatuhkannya.
Oleh karena kekuasaanya yang semakin meningkatia kemudian mulai tidak yoleran terhadap oposisi ,pembatasan kritik maupun ruang publik mulai di lakukan dan lama kelamaan Peron cenderung bertindak sebagai diktator puncaknya tahun 1955 peron mampu diturunkan melalui kudeta selang beberapa wqaktu ia melarikan diri ke Spanyol dan mulai saat itu pula militer memgang kendali parpol di bubarkan ,pemilu di tiadakan bahkan kongres di bubarkan banyak pula yang dilakukan militertahun 1973 pemilu mulai dilaksanakan dan pemenagnya adalah pengikut Peron ,akhirnya Peron pulang dari pengasingannya menjabat Presiden kembali tetapi itu tidak berlangsug lama pada 1974 Peron wafat dan di gantikan oleh istrinya Isabel tetapi 1976 Isabel Peron dipecat oleh militer pada saat berkuasa milter melakukan berbagai tinadakan seperti menyerang kep Falkland pada 1982 tetapi itu semua berakhir saat di kalahkan tentara Inggris dan persengketaan berakhir .
Pada awal abad 21 saat badai krisis melanda tahun 1999 di
Argentina
, mereka saling mengaitkan dengan kebijakan-kebijakan politik carlos Menem (Presiden
Argentina
saat itu) yang terlalu otoriter sama pada saat rezim militer berkuasa. Rezim Militer bukan barang baru di kawasan Amerika Latin, rezim ini sering dianggap sebagai suatu pilar yang utama mereka memainkan politik-politik penting dikalangan negara-negara Amerika Latin dan memiliki hak istimewa, tanggung jawab, dan posisi hukum.
Carlos Menem mampu mempersatukan berbagai perbedaan antara sipil (Golperorisme) dan militer dan berusaha mencapai pemerintahan transisi dari militer ke sipil. Tahun 1995 Menem mengamandemen konstitusi sehingga dia dapat bekuasa, perokonomian dibawah Menem menjadi masalah berat dan 1999 awal badai krisis Argentina menyebabkan guncangan besar ekonomi dan hal itu saat berakhrnya jabatan Menem.
Tahun 1999 Fernando Delalua naik ke kursi presiden. Dalam pembangunanya peran militer serta pembangunan ekonomi berjalan baik, tetapi ia terpaksa menjalankan kebijakan Menem karena terdesak oleh parlemen dan waktu hingga pecah kerusuhan di tahun 2001 pada tanggal 20 Desember, sehingga Delalua mengundurkan diri.
Presiden “Aldolfo Rodrigues Saa” merupakan golongan Peronis terbukti dengan ketidak tanggapannya membayar utang luar negeri, dia beranggapan bahwa pembayaran utang dapat ditunda sedang kebutuhan rakyat tidak dapat ditunda tetapi “saat” akhirnya jatuh juga setelah mengeluarkan mata uang baru Argentinos malah menimbulkan kelemasan masyarakat sehingga pecahlah kerusuhan yang mengakhiri kekuasaan Rodigues.
Ketua DPR
Argentina
akhirnya menjabat Presiden yaitu “Eduardo Duhalde” awal 2002. Ketika sangat sulit untuk menyelamatkan Argentina, maka dukungan terhadap Duhalde meningkat dan kongres sepakat untuk tidak menganti hingga masa jabatannya berkhir akan tetapi Duhalde jga mengalami berbagai masalah beruntung dia dapat mengakhiri masa jabatannya dengan baik .saat pemilu 2003 digulirkan Carlos Menem ikut kembali dalam pemilu tersebut dan lawannya Nestor Kirchner saat itu perolehan suara hanya selih kurang lebih 2% tetapi akibat diadakannya sutu pehitungansuara yang dilakukan oleh lembaga independen menhasilkan 70% suara untuk kirchner dan 30% suara untuk Menem hal itu membuat Menem mundur teratur dari persaingan Presiden dengan begitu Nestor Kircher berhasil menjadi Presiden pada pemilu 2003 hingga sat ini hal ini .dilatar belakangi oleh profile seorang Kirchner yang bebas dari korupsi dan seorang Administrator yang baik.membuat dia dapat bertahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan mengomentari tulisan ini